Home » Artikel Kesehatan » 6 Herbal Anti Penuaan Dini

6 Herbal Anti Penuaan Dini

6  Herbal  Anti Penuaan Dini

Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang tak hanya membuat kita tetap fit dan organ dalam tubuh sehat, namun juga membuat kulit terlihat lebih muda dan membantu menjadikannya lebih segar. Ternyata ada beberapa jenis makanan tak hanya luar biasa bagi kesehatan secara umum, namun juga penting bagi kesehatan, dan membuat kulit tampak lebih muda.

Alpukat
Alpukat mengandung asam lemak omega 9 esensial, sebuah komponen istimewa yang ditemukan juga dalam minyak zaitun. Ini adalah antioksidan kuat yang menjaga melawan penyakit-penyakit seperti kanker dan stroke. Alpukat merupakan berlimpah dengan vitamin A dan E sebagai antioksidan yang mengurangi kerutan di kulit. Demikian pula mengandung mannoheptulosa, jenis gula khusus –tidak seperti gula lain-  yang tidak menstimulasi produksi insulin. Jika kita makan alpukat dengan sayuran lain maka akan memasukkan 4 kali lipat lutein, 8 kali lebih alfa karotena, 13 kali lipat betakaroten yang sangat bagus bagi penglihatan kita.

Blueberries
Ini adalah makanan super bagi kesehatan kulit, dan memperlambat proses penuaan. Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang lebih dibandingkan buah-buahan atau sayuran yang lain. Buah ini juga banyak mengandun vitamin C dan E, serat, potassium, asam folat dan kalsium. Kandungan pigmen-pigmen gelapnya yang disebut dengan antosianin, merupakan flavonoid yang membantu menjaga dan memperkuat dinding kapiler saluran darah, dan melindungi saluran vena. bleberris punya resveratol dalam level yang sangat tinggi. (resveratol adalah zat kimia alami yang memberikan perlindungan melawan inflamasi dan menghambat penuaan), demikian pula memiliki manfaat bagi kesehatan lain yang banyak.

Broccoli
Brokoli adalah sayuran krusial yang mengandung antioksidan bermanfaat yang disebut sulforafan. Antioksidan ini berperan sebagai detoksifikasi dan mengeliminasi radikal bebas yang berbahaya. Apabila dikombinasikan dengan  mineral selenium (mineral yang ditemukan pada minyak ikan, akar bunga matahari, bawang merah dan bawang putih). Ini lebih efektif 13 kali dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.
Brokoli mempunyai protein tinggi yang diperlukan bagi kesehatan sel-sel tubuh. Demikian pula mengandung vitamin C tinggi. Asam folat dan betakaroten yang dalam tubuh diubah menjadi vitamin A, serta dapat menjaga kulit agar kelihatan jernih dan sehat, lebih-lebih bagi kamu yang kulitnya pernah terkena jerawat.
Jangan Cuma makan kelopak bunganya saja, namun daunnya juga karena ia mengandung karotenoid yang lebih daripada kelopaknya.
Sulit mencarinya? Ya ganti saja dengan bahan lain yang lebih mudah dan murah untuk didapatkan.

Air
Ini adalah minuman super dibandingkan makanan, namun air merupakan unsur yang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan kulit. Air menyusun sekitar 70 persen masa tubuh kita dan terlibat dalam semua proses yang berlangsung dalam tubuh. Hidrasi seluler diperoleh dari air yang kita minum bukan dari ‘bahan pelembab’ yang kita berikan pada wajah kita. Oleh karena itu air secara literal memberikan hidrasi bagi kulit, mengeluarkan bahan toksik berbahaya dan mengeliminasi guratan pada kulit dan mengurangi kerutan. Pastikan agar air yang kita minum tidak terlalu dingin, -agar tubuh kita tidak membuang energi untuk menghangatkannya- dan tubuh kita lebih cepat menyerapnya ketika suhunya tidak sedingin es. Hindari air yang diberi perasa karena banyak mengandung gula atau pemanas buatan.
Minumlah air secara teratur selama sepekan dan Anda akan segera melihat perubahan pada kulit Anda –Insyaallah. Meskipun biasanya ditekankan bahwa Anda butuh 8 gelas air perhari namun ini bukan rekomendasi yang statis. Kebutuhan minum masing-masing orang bervariasi tergantung umur, berat badan, aktitas fisik dan hal-hal lain. Lebih dari itu, pemasukan air ke dalam tubuh juga berasal dari makanan yang kita konsumsi. Buah-buahan dan susu diantaranya. Minimalnya dua gelas air jumlah yang kita dapatkan dari sumber-sumber lain. Kulit buah dan sayur mayor (seperti wortel, semangka, tomat, apel dan ketimun) juga merupakan sumber air yang baik.

Kedelai dan Kacang-kacangan
Mengonsumsi kedelai dan kacang-kacangan menstimulasi produksi asam hyaluronic. Ini adalah substansi yang secara alamiah ditemukan pada kulit dan mengontrol air pada sel-sel kulit. Berperan sebagai pelembab, menjaga kulit tetap lembut dan bebas kerut. Asam hyaluronti menghambat penuaan kulit, oleh karenanya ia dibutuhkan secara rutin.
Kedelai dicerna oleh tubuh kita secara perlahan, oleh karenanya ia menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara gradual. ini berarti hanya sedikit insulin yang diproduksi. Sementara terlalu banyak produksi insulin bisa menimbulkan efek penuaan bagi tubuh.
Kedelai dan kacang-kacangan juga merupakan sumber serat yang. Kacang-kacangan memiliki kandungan protein tinggi yang penting bagi kesehatan produksi kolagen (kolagen ini ditemukan pada kulit, tulang dan) dan perkembangan sel-sel baru.

Buah Delima
Jus buah delima ternyata memiliki antioksidan yang lebih dibandingkan teh hijau. Demikian juga mengandung asam ellagic dalam kadar yang tinggi, yaitu anti oksidan yang mendongkrak pertahanan alami kulit dari sinar matahari. Buah delima mengandung vitamin C dan potassium, dan merupakan sumber serat yang baik, sehingga ia menyehatkan saluran pencernaan dan mengeliminasi toksin.
Ilmuwan ternama, Ibnul Qayyim di dalam buku Tibbun Nabawi juga menyebutkan bahwa buah delima menyediakan “gizi yang sempurna” bagi tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan. (***)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn