Home » Artikel Kesehatan » Buah Apel dan Pir Tangkal Stroke

Buah Apel dan Pir Tangkal Stroke

Buah Apel dan Pir Tangkal Stroke

Gara-gara gaya hidup yang tambah acak-acakan, penyakit berat pun tak lagi pilih-pilih umur. Tidak hanya orang usia tua saja yang terkena, bahkan mereka yang berusia muda pun bisa terancam.
Sebuah penelitian di Belanda menyimpulkan bahwa mengkonsumsi sayuran dan buah berdaging putih, seperti buah apel dan pear, ada hubungannya dengan terhindarnya seorang dari dari serangan stroke. Lho, lantas kenapa mesti dikait-kaitkan dengan warna daging buahnya segala? Sobat, tahu saja ya, ternyata warna dari daging buah dan sayur menunjukkan jenis unsur kimia tumbuhan yang bermanfaat. Misalnya saja, unsur karotenoid dan flavonoid. Nutrisi tumbuhan bisa ditunjukkan dari sifat tumbuhan baik dari warna, rasa maupun baunya. Nah secara umum, makanan yang mempunyai warna yang mirip, punya nutrisi sama dan manfaat bagi kesehatan yang tak jauh beda.

Kelompok Warna
Buah dan sayuran sendiri diklasifikasikan menjadi empat kelompok warna.
•Hijau, seperti bayam, kubis dan selada.
•Orange atau kuning, seperti buah jeruk
•Merah atau ungu seperti bayam merah
•Putih,  apel dan buah pir.

Ternyata buah dan sayuran berdaging hijau, orange, kuning, dan merah tidak berkaitan dengan penurunan stroke. Meskipun demikian, orang yang lebih banyak banyak mengkonsumsi buah dan sayuran lebih jauh dari stroke daripada yang ogah-ogahan makan buah dan sayuran.
Setiap 25 gram pemasukan sayuran dan buah berdaging putih berkaitan dengan penurunan 9 persen terserang risiko stroke. Jadi untuk mencegah stroke, kita sebisa mungkin mengkonsumsi sayuran dan buah berwarna putih. Contohnya saja, makan buah apel satu biji setiap hari. Tak perlu makan dengan warna lain? Tetap perlu dong, karena mengkonsumsi buah dan sayur dengan warna yang lain bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit kronis. Makanan lain yang termasuk dalam kategori warna putih adalah buah pisang, bunga kol, ketimun.

Apel Makanan Unggulan
Buah apel mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, serat makanan, beta karoten, flavonoid, fitosterol, antioksidan, vitamin-vitamin lain, mineral, dan asam amino. Tubuh butuh banget dengan semua ini. Apel adalah perangkat pembersih saluran dan organ dalam yang efektif, karena kandungan seratnya yang berfungsi membersihkan racun dari tubuh. Serat soluble yang dikenal sebagai pectin, akan mengikat kolesterol jahat, racun dan logam berat , serta mempercepat pembuangannya. Ini alasan kenapa apel bersahabat dengan pembuluh darah. Flavonoid quercetin dalam apel berfungsi sebagai anti peradangan dan membantu mengurangi reaksi alergi.  (***)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn